gravatar

Tips Merawat Laptop

Tips Merawat Laptop atau Notebook kesayangan anda.

Dalam perawatan laptop ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain :

  1. Layar
  2. Keyboard
  3. touchpad/mouse
  4. adaptor

Pertama - Layar , untuk membersihkan layar kita harus menggunakan kain silicon (sejenis kanebo) atau kain khusus kaca mata, ada beberapa hal yang membedakan kain tersebut dengan kain biasa adalah, jenis kain tersebut tidak mengandung electrostatic, dimana tidak akan menempel di layar. Berbeda dengan tissue , setiap kali kita bersihkan kotoran hanya akan berpindah tempat . Setelah kita menggunakan kain silicon, cairan yang kita dapat gunakan adalah cairan pembersih kaca anti static, seperti produk Johnson Electronic Cleaner.

Kedua (keyboard) - untuk mencegah kotoran masuk ke dalam sela-sela keyboard, kita dapat menggunakan sarung keyboard (istilah kondom keyboard), ada 2 macam kondom yang digunakan, yaitu :

  • kondom yang sama bentuk dengan keyboard kita
  • kondom yang hanya seperti selembar kertas dan dapat digunakan di semua jenis keyboard laptop

Bila kita sudah menggunakan kondom, maka untuk membersihkan tinggal mengangkat kondom tersebut dan cuci dengan air bersih (jangan air panas akan mengkerut). Apabila tidak menggunakan kondom kita bisa bersihkan dengan kuas lembuat.

Ketiga (touchpad) - untuk perawatan touchpad kita dapat membersihkan dengan tissue basah, agar kotoran yang menempel dapat terangkat.

Keempat (adaptor) - banyak dari customer kami adaptor putus kabel didalam , hal tersebut dikarenakan adaptor sering kali kita lilit kabel nya dengan sudut yang pendek , sehingga kabel tersebut gampang robek, lebih baik berikan jarang yang cukup jauh 15 cm - an baru kita lilit kabel sehingga kabel tidak membentuk sudut yang terlalu tajam.