gravatar

SRAGEN MENUJU KOTA LAYAK ANAK

SRAGEN MENUJU KOTA LAYAK ANAK


SRAGEN - Keseriusan dan kesungguhan Kabupaten Sragen dalam menciptakan kota yang aman bagi anak mendapatkan penilaian yang positif dari Kementrian Negara Pemberdayaan Perempuan (PP). Ini terbukti dengan masuknya Sragen sebagai salah satu dari sepuluh nominator Kabupaten/ Kota Layak Anak di Indonesia. Kamis (2/7) Tim penilai dari Kementrian Negara PP mendatangi Sragen untuk melakukan penilaian.

Tim penilai terdiri dari 4 orang yang diketuai oleh Ibu Sri Pardina. Sri Pardina mengatakan tujuan kedatangannya adalah untuk memeriksa kebenaran data dan informasi yang ada dalam formulir penilaian, dengan mencari bukti fisik dan atau dokumen yang dapat menjelaskan dari data dan informasi yang tertulis dalam formulir.

Lebih lanjut, perempuan yang menjabat sebagai assisten Deputi Hak Sipil dan Partisipasi Anak itu mengatakan Tim Verifikasi akan melakukan pengecekan langsung ke lapangan apabila dibutuhkan. Antara lain ke Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Kelompok masyarakat serta menggali informasi dari pihak ke tiga.

Selain Sragen masih ada lagi 9 Kabupaten/ Kota yang mendapatkan nominasi. Kabupaten / Kota tersebut adalah Solo, Grobogan, Jogja, Kupang, Gorontalo, Padang, Serdang Bedagai serta Malang. Dari kesepuluh nominator tersebut selanjutnya akan terpilih tiga besar untuk ditetapkan menjadi Kabupaten/ Kota Layak Anak tingkat Nasional.

Di Sragen sendiri, tim akan melakukan serangkaian kunjungan, antara lain ke DPPA untuk mengecek tentang Penanganan Korban kekerasan bagi anak dan perempuan. Kunjungan ke tempat bermain dan perpustakaan di GOR Diponegoro, sanggar tari bagi anak anak di auditorium RSPL dan Taman Pendidikan TPA Binaan Dinas Sosial.

Selain itu Tim akan mengunjungi kegiatan PAUD dan Posyandu di Desa Celep Kecamatan Kedawung, Taman Lalulintas di nDayu Park serta pendidikan modern berbasis teknologi di Technopark. Tim Penilai juga melakukan audiensi dengan Bupati Sragen, H. Untung Wiyono di nDayu Park siang ini.(dyn)

Dikutip dari http://www.sragenkab.go.id