gravatar

Lagi, Tips merawat laptop

Tips kedua lebih fokus ke dalam kelistrikan. Ada beberapa customer kami mengeluh kenapa laptop tiba-tiba tidak mau di hidupkan atau mendadak matot alias mati total. Sebenarnya dalam merawat kelistrikan laptop ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Sebagai berikut :
1. Adaptor
2. Battery
Adaptor lebih baik gunakan “Surge Protection” untuk menghindari spike atau lonjakan listrik mendadak yang bisa diakibatkan ada beberapa hal yaitu bor (listrik rumah juga akan berkedip), ac yang kurang baik regulator nya, genset, dll. Surge protection akan mencegah spike tersebut. Ada beberapa merk Surge protection yang popular APC, Belkin harga rata-rata 35$ US.
Battery umumnya yang digunakan laptop saat ini adalah type lithium. Ada beberapa komentar yang mengatakan lebih baik battery dilepas kalau tidak dipakai. Itu ada benarnya, hanya saja ada hal terpenting yang harus di ingat dalam menggunakan battery lithium yaitu adanya pengurangan daya dalam hitungan hari dan dalam hitungan 0.5% - 2% per hari tergantung kesehatan dari battery tersebut. Dan bila battery terlalu lama tidak dipakai battery akan dalam keadaan mati suri jadi kurang lebih bila 100% akan habis dalam waktu 30 hari(tiap battery beda), bila sudah mati suri battery tidak dapat digunakan juga, untuk itu simpan battery jangan terlalu lama , setelah berapa saat anda harus charge kembali. Untuk yang satu ini masih bisa di perbaiki alias dikasih nyawa lagi