gravatar

SRAGEN RAIH ADIPURA ENAM KALI BERTURUT – TURUT

SRAGEN RAIH ADIPURA ENAM KALI BERTURUT – TURUT



SRAGEN – Tahun 2009 ini Pemerintah Kabupaten Sragen kembali memperoleh penghargaa adipura dalam kategori kota kecil terbersih. Perolehan kali ini merupakan yang ke enam kali berturut turut sejak tahun 2004. Hal ini mencerminkan bahwa kebersihan telah menjadi budaya dalam kehidupan masyarakat Sragen. Untuk merayakan keberhasilan tersebut diadakan tasyakuran Penerimaan Adipura 2009 di Gedung KNPI, Sabtu (18/7).

Acara dihadiri oleh Bupati Sragen H. Untung Wiyono, Kabid Pengendalian Pencemaran Lingkungan Hidup Bappedal Provinsi Jateng Drs. Joko Prakoso, M.Si, Muspida, Kepala SKPD, Camat, Ketua RT/RW serta ratusan petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup.

Dalam sambutannya Untung Wiyono mengatakan bahwa mempertahankan jauh lebih sulit daripada memperolehnya. Dari tahun ketahun penilaiannya semakin berat karena harus ada progress dan inovasi potensi yang telah dimiliki Kabupaten Sragen. Bupati mengucapakan terimakasih atas kerja keras semua pihak yang terlibat dalam kebersihan terutama petugas kebersihan serta ketua RT/RW dan seluruh masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungannya.

Bupati meminta kepada Ketua RT/RW untuk membentuk paguyuban lingkungan asri di lingkungannya masing masing. Ini dilakukan agar masyarakat mempunyai budaya malu kalau lingkungannya kotor. Bupati berharap seluruh masyarakat Sragen bisa bersatu untuk menjaga kebersihan bersama sama.

Wakil dari Bappedal Provinsi Jateng Joko Prakoso mengatakan kebanggannya kepada Kabupaten Sragen atas perolehan adipura untuk ke enam kalinya. Tahun 2009 di Jawa Tengah yang memperoleh Adipura sebanyak 15 Kabupaten/ Kota dan Sragen berada di peringkat enam. Sedangkan untuk kategori kota kecil Sragen menduduki peringkat ke lima.

Joko mengingatkan agar saat penilaian tahap I pada bulan Oktober mendatang Sragen lebih bersemangat dan lebih giat lagi dalam menjaga kebersihan dan pengelolaan lingkungan hidup. Sehingga tidak tertinggal dari kota kota lain karena Sragen merupakan salah satu andalam Jateng untuk memperoleh adipura.

Sebagai reward atas keberhasilan tersebut Pemkab Sragen memberikan tali asih kepada seluruh anggota petugas kebersihan. Tali asih diserahkan secara simbolis oleh Bupati kepada Suparno dan Sri Mulyani wakil dari petugas kebersihan. Acara tasyakuran dimeriahkan dengan hiburan organ tunggal. Seluruh hadirin terlihat menikmati hiburan musik, sambil menyamtap aneka makanan yang disajikan dalam acara tersebut.

sumber http://www.sragenkab.go.id