gravatar

10 Masalah komputer yang wajib anda ketahui

"Fatal error: the system has become unstable or is busy,""Enter to return to Windows or press Control-Alt-Delete to restart your computer. If you do this you will lose any unsaved information in all open applications."

anda baru saja terkunci atau stag oleh Blue Screen of Death. siapa saja yang menggunakan Microsoft Windows pasti familiar dengan ini. apa yang harus anda lakukan?lebih penting lag,apa yang harus anda lakukan untuk pencegahan?

1. Hardware Conflict

Banyak penyebab windows crash adalah konflik hardware. setiap hardware berkomunikasi dengan peralatan yang lain melalui Interrupt Request Channel (IRQ). dan mempunyai keunikan tersendiri setiap device.

contoh saja,sebuah printer biasanya konek secara internal pada IRQ 7. keyboard biasanya menggunakan IRQ 1 dan sebuah floppy drive pada IRQ 6. setiap peralatan akan mencoba memonopoli setiap IRQ dengan sendirinya.

jika ada peralatan yang tidak semestinya, atau tidak terinstal dengan semestinya atau dua peralatan yang mungkin sharing pada IRQ yang sama.maka ketika kita menggunakan kedua peralatan tersebut secara bersama-sama, terjadilah crash.

cara untuk mengecek komputer anda yang crash yang disebabkan oleh hardware conflict, berikut :

* Masuk pada kontrol panel pada system > Device Manager.

biasanya terlihat tanda seru "!" pada deskripsi Device Manager. suatu peralatan mungkin telah sharing IRQ yang dideskripsikan sebagai "IRQ holder for PCI Steering". anda bisa saja mengacuhkannya tapi lebih baik anda me-remove salah satu alat dan kemudian menginstalnya kembali.

langkah pencegahan selanjutnya adalah update selalu driver komputer anda. ini untuk menjaga stabilitas dan kompatibilitas pada software baru.

sebagai tambahan Microsoft tidak membuat persoalan IRQ ini. permasalahan ini adalah berawal dari PC pertama kali yaitu design yang menggunakan IBM chip 8086. sekarang ada 16 IRQ pada satu PC. dan untuk selanjutnya akan menjadi lebih banyak.

2. RAM yang jelek (rusak).

Random Access Memory (RAM) dapat menyebabkan persoalan yang fatal seperti Blue Screen Death dengan sebuah pesan yang menyatakan Fatal Exception Error. kerusakan pada ram munking pada bagian tertentu dan harus diganti.

Tetapi permasalahan fatal RAM dapat juga disebabkan oleh mismatch dari chip. sebagai contoh, pemakaian secara bersama-sama 70 nanosecond (70ns) RAM dengan 60ns. RAm memaksa komputer untuk menjalankan kedua chip pada kecepatan rendah. sehingga menyebabkan crash pada mesin jika kedua RAM tersebut bekerja over. biasanya komputer model lama (old-fashion).

RAM sekarang (modern) mempunyai chip either parity (ECC) atau non parity (non-ECC). alangkah baiknya jika anda tidak mencampur kedua model RAM.

untuk menghadapi masalah tersebut diatas. coba masukke BIOS setting dan naikkan wait state RAM, agar kedua RAM dapat berjalan stabil. secara fisik anda dapat membersihkan RAM dengan hati-hati.

sebagai tambahan pesan EMM386 yang menunjukkan permasalahan memory tetapi tidak karena memory yang jelek (rusak). ini disebabkan oleh masalah jumlah memory yang free yanbg di link pada program DOS.

3. BIOS Setting.

setiap motherboard mempunyai tipe model sendiri-sendiri. setiap pabrik telah men-setting secara optimal default. setting ini adalah settingan terbaik untuk komputer anda secara baik untuk fisik hardware maupun kinerja software.

bila anda kurang puas atau tidak merasa pas dengan settingan default pabrikan, anda dapat mensetting sesuai selera dan kebutuhan anda."jangan ngawur" dan anda harus tahu setiap detail yang anda setting, karena satu kesalahan dapat menyebabkan system malfunction.

4. Hardisk Drive

hardisk atau tempat penyimpanan data dapat menyebabkan persoalan pada PC anda. kerusakan pada hardisk dapat menyebabkan data anda hilang, sering crash, lambat,dll (menyebalkan). hardisk dapat rusak dikarena berbagai hal seperti mematikan PC tidak sesuai prosedur mematikan (asal pencet tombol power) atau cabut power listrik, lonjakan listrik, kekurangan pasokan daya, virus,dll.

cara pencegahannya adalah jadwalkan secara rutin PC anda untuk menscandisk hardisk kemudian melakukan defragmenting. dan jangan membebani hardisk dengan ukuran yang terlalu besar sehingga kepenuhan (jangan memasukkan gambar, video porn - trust me it will make your hardisk immediately broken !!!).

5. Fatal OE exception dan VXD errors.

Fatal OE exception dan VXD errors disebabkan oleh masalah VGA card. sebenarnya tidak rusak sih... cuma monitor tidak mampu menerima resolusi yang terlalu tinggi. cara pencegahannya mudah bila anda punya 2 monitor yang beda, coba pasang pada monitor satunya kemudian turunkan resolusinya (kalo satunya mampu resolusinya),kalau masih nggak bisa, anda bisa masuk ke safe mode windows dengan menekan f8 saat cold boot kemudian masuk ke enable VGA mode, kemudian turunkan resolusinya.

6. Virus

Virus dapat menyebabkan komputer bermasalah (tentu saja..). beberapa virus bisa menghapus boot sektor hardisk,sehingga PC anda tidak mungkin bisa booting.

kalau soal virus ini anda harus serutin mungkin untuk meng-update antivirus yang anda install di PC anda.

7. Software

Software yang terlalu banyak, tidak kompatibel, tidak update, dll. dapat menyebabkan PC crash. karena terlalu banyak error pada registry windows.

untuk itu langkah yang harus anda lakukan adalah membersihkan registry yang usang dan tidak berguna di windows. banyak sekali tool yang bisa anda gunakan seperti CCleaner, Tune Up Utilities, dll. jagalah komputer anda dari registry yang usang (old) karena itu dapat menjaga perfomance PC anda tetap optimal.

8. Overheating

Panas yang berlebih pada Motherboard dapat menyebabkan chipset terbakar dan yang lebih parah panas yang berlebih pada Processor,dapat mematikan processor tersebut.

pastikan komputer anda mempunyai sistem pendingin yang memadai (kipas, Heatsink processor,dll). dan juga pastikan sirkulasi udara panas yang baik sehingga dapat mengeluarkan suhu panas dengan lancar.

untuk mengetahui keadan suhu temperatur pada hardware, anda dapat menginstall program sensor temperatur(biasanya pada motherboard merk tertentu telah di bundled)bila tidak anda dapat mendonlot di internet.

9. Power Supply

Pasokan daya listrik pada pc tergantung pada kemampuan Power Supply. semakin besar kemampuan daya power supply makin memadai listrik yang dapat disedian untuk kinerja sistem.

apabila sistem kekurangan daya maka sistem akan tidak stabil dan akan mengalami kerusakan, seperti kekurangan listrik pada hardisk menyebabkan hardisk tidak terbaca, bad sector, dll.

untuk itu gunakanlah power supply yang memadai untuk PC, yang dapat menjaga stabilitas kelistrikan pada sistem.

10. Masalah "lucky"

ketidak beruntungan anda dalam membeli PC...."namanya juga elektronik dari pabrik mau gembor-gembor kualitas bagaimanapun juga kalau mau rusak ... ya rusak"......:-)



Semoga Membantu... :-)

gravatar

yang no10 kayaknya yang paling banter. thanks infonya.....

gravatar

thank...for the info....:)