gravatar

PRESIDEN RESMIKAN TECHNO PARK SASANA GANESHA SUKOWATI


SRAGEN - Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, Selasa (30/6) meresmikan Balai Latihan Kerja (BLK) Techno Park Sasana Ganesha Sukowati, Sragen ditandai dengan penandatanganan prasasti. Ketika menandatangani prasasti, Presiden didampingi oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Purnomo Yusgiantoro, Menteri Tenaga Kerja Erman Suparno, serta Gubernur Jawa Tengah, H. Bibit Waluyo.

Presiden kemudian melakukan peninjauan di sekeliling area techno park. Presiden melakukan peninjauan maket teckno park, kios 3 in 1, Workshop Otomotif Sepeda Motor, Job Fair dan Workshop teknologi mekanik serta Pameran produk unggulan hasil pelatihan.

Gubernur Jawa Tengah H. Bibit Waluyo kepada Presiden melaporkan bahwa pemberdayaan Balai Latihan Kerja (BLK) sangat diprioritaskan. Perberdayaan Balai Latihan Kerja (BLK) dijadikan priotitas untuk mencetak tenaga kerja terampil dan kompeten. Sehingga diharapkan mampu bersaing dengan tenaga kerja lokal, nasional maupun internasional.

Selain untuk mencetak tenaga kerja yang terampil dan kompeten, BLK juga diharapkan mampu mencetak wirausaha baru. Dengan bekal ilmu wira usaha diharapkan mampu mengembangkan usaha mandiri saat telah lulus dari tempat pelatihan tersebut.

Dengan banyaknya fungsi BLK tersebut, kata Gubernur, diharapkan di setiap Ex karesidenan memiliki satu kawasan techno park. Untuk daerah yang belum memiliki BLK agar segera mendirikan BLK yang representative, sedangkan untuk yang telah memiliki BLK agar ditingkatkansarana dan prasarananya.

Hal senada dikatakan oleh Menteri Tenaga Kerja RI, Erman Suparno bahwa BLK merupakan suatu tempat untuk menciptakan tenaga kerja yang terampil dan mandiri. Untuk jangka panjangnya BLK diharapkan mampu menyiapkan tenaga kerja yang kompeten sebagai suatu solusi pengentasan pengangguran dan kemiskinan.

Presiden berharap dengan adanya BLK, masalah pengangguran dan kemiskinan dapat teratasi. Dengan BLK rakyat bisa mendapatkan ketrampilan yang nantinya sangat berguna untuk mendapatkan lapangan kerja. Dengan bekerja rakyat akan mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari sehingga kemiskinan dapat berkurang.

Pada saat peresmian juga dilakukan penyerahan secara simbolis beberapa peralatan oleh Menteri Tenaga Kerja. Peralatan tersebut berupa Mobile Training Unit (MTU) untuk BLK Kebumen, BLK Purworejo serta BLK Boyolali. Peralatan Competency Based Training (CBT) untuk BLK Kabupaten Tegal serta Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) sebanyak 37(9 sektor) kepada Direktur Jenderal Minyak dan Gas, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral. Selain itu juga penyerahan program perluasan kesempatan kerja kepada pemerintah Kabupaten/ Kota se – Provinsi Jawa Tengah kepada Bupati Sragen.(dyn)

Dikutip dari http://www.sragenkab.go.id